Ditemukannya Material Bangunan Yang Kuat Dan Anti Rayap Hingga Diharapkan Bisa Ramah Lingkungan

Para ahli temukan material bangunan yang kuat dan Anti Rayap, itu merupakan hal yang sangat penting, dan mudah-mudahan bisa ramah lingkungan. Dengan perlakuan khusus, kayu lunak seperti pinus bisa menjelma menjadi kayu keras dengan kepadatan menyerupai jati. Berikut ini beberapa contoh kayu lunak adalah kayu pinus, cypress, dan cedar.

anti rayap

Kebalikannya, kayu keras (hard wood) adalah kayu yang mempunyai kepadatan tinggi sehingga tahan terhadap cuaca. Kayu jati, balsa, dan mahoni, adalah beberapa contoh kayu yang termasuk ke dalam kategori ini.Dari segi kekuatan dan daya tahan, kayu keras tentu lebih unggul dibanding kayu lunak, namun dari segi ramah lingkungan, kayu lunak dapat dikatakan lebih ramah.

Hal ini disebabkan karena pohon kayu lunak lebih cepat tumbuh dibandingkan pohon kayu keras, sehingga ketersediannya lebih banyak dan proses pembaruan pohonnya lebih cepat.Karena kayu keras makin lama makin sulit didapat, harganya pun menjadi melambung. Beberapa jenis kayu keras pun sudah dilarang diperdagangkan karena termasuk jenis langka.Karena itulah, tren penggunaan kayu mulai bergeser. Dari menggunakan kayu keras, menjadi menggunakan kayu lunak yang diberi perlakuan khusus sehingga keawetannya mendekati kayu keras.

Menggunakan Panas Dan Tekanan Untuk Anti Rayap

DuraPine dan ThermoPine memiliki proses pengawetan yang berbeda. Sebelum ditekan, kayu pinus terlebih dahulu divakum untuk dihilangkan kadar airnya.Setelah itu, kayu akan dimasukkan ke dalam mesin berbentuk silinder. Di mesin inilah dilakukan pengawetan dengan memberikan tekanan ke kayu dan penyuntikan bahan pengawet copper azole.Setelah itu, kayu akan divakum lagi untuk menghilangkan sisa-sisa air dan bahan pengawet.

Karena tidak menggunakan pestisida seperti lazimnya yang dilakukan pada proses treatment kebanyakan.Treatment dilakukan dengan menggunakan bahan copper azole, cairan kimia berbahan dasar air yang terdiri dari tembaga, tebuconazale yang berbasis karbon, dan fungisida. Hendra menambahkan, bahan copper azole ini juga tidak berbau dan bersih sehingga dapat digunakan untuk ruang anak.

Setelah mengalami proses pengawetan, kayu southern yellow pine yang tadinya memiliki kepadatan yang rendah (384 kg/m3) akan berubah menjadi kayu dengan tingkat kepadatan yang cukup tinggi, yakni 540—660 kg/m3.Sehingga lebih kuat dan Anti Rayap.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *